Jadi sekarang orang-orang pada masuk era baru, dan era jaya-jayanya Facebook udh mulai ditinggalin sama penggunanya karena mungkin pada penuh dengan jualan sana-sini, hahaha. Udah pada tau kan kalau jejaring sosial ada yang baru, keluaran google, itu tuh yang namanya Google+. Haks telat sih saya posting soal ini di sini, kali aja temen2 blogger udh pada join ke sana. Tapi mumpung masih hangat-hangatnya, gapapa lah saya cerita soal Google+.

Ini tampilan akun Google+ saya. Mirip Facebook ya… Iya! familiar banget sama tampilan gini pas awal join. Trus mikir, “beuughh, sama aja deh kayak Facebook, apa bedanya coba!” Hahahaha. Trus lanjut ganti profile picture, edit biodata, dll. Udah jadi, saatnya cari temen buat dicircle. Circle di sini maksudnya hampir sama ama jejaring sosial Twitter. Jadi kalau saya mencircle si A, sama artinya dengan saya memfollow si A, dan segala update-an si A bakal nongol di home Google+ saya.


Tapi di G+ itu circle-nya bisa kita bikin kayak list di Twitter. Misalnya saya bikin circle baru yang saya kasi nama Artis dan keluarga, lalu saya akan circle artis-artis dan memasukkan mereka ke dalam circle Artis yang udh saya bikin tadi. Jadi dengan circle-circle yang kita punya di G+, memudahkan kita dalam mengatur update-an circle mana aja yang akan ditampilkan. Saya sih suka nampilin semua circle. Biar rame kesannya, hahaha.


G+ ini ga bisa ngirim Wall kayak di Facebook, jadi untuk mention orang, kita harus nambahin “+” lalu nama-nama temen yang kita circle akan otomatis muncul, lalu bikin deh status kayak Twitter, ntar notifikasi mention akan ada pada halaman orang yang kita mention. Boleh dibilang perpaduan antara Twitter dan Facebook lah Google+ ini.
Tapi, ada satu hal lagi yang bikin Google+ ini sedikit spesial di mata saya. Yaitu tombol/opsi “share”, yang fungsinya meRetweet atau meReblog satu update salah seorang teman. Persis mirip opsi Reblog di Tumblr (tempat ngeblog lain tapi ga pake ribet). Misalnya kita suka atau setuju sama satu update-an di home kita, bisa gunain opsi “Share”, ntar status kita akan sama dengan yang kita “Share” dari punya orang.

Untuk lebih jelasnya, coba aja gabung untuk merasakan sensasi Google+ ini (halah) di http://plus.google.com. Dan boleh juga liat-liat akun G+ saya di http://gplus.to/ferfau :D FYI, waktu saya join di sini, harus dapat invitation dulu dari temen yang udh join duluan, soalnya masih beta dan khusus untuk orang-orang yang pakai akun gmail.