Napak tilas 4 Tahun Komunitas Blogger Sumatera Barat

| 10 December 2011 | 11 Comments

DISCLAIMER : Tulisan ini mengandung banyak gambar

Dimulai dari berkenalan lewat dunia maya tanpa kenal satu dengan yg lain nya dan akhirnya menjadi teman di dunia nyata.

Tidak terasa sebentar lagi Palanta – Komunitas Blogger Sumatera Barat akan berumur 4 Tahun. Bukan sebuah waktu yang sebentar untuk sebuah komunitas yang masih terus mencari jati diri. Tidak sedikit rintangan yang kita hadapi agar tetap bertahan. Tapi berkat dukungan teman-teman semua, Palanta masih tetap ada sampai hari ini membawa misi mewadahi dan tempat silaturahmi Blogger Sumatera Barat.

Postingan kali ini kita mau flashback sedikit beberapa kegiatan-kegiatan Palanta dalam 4 tahun terakhir. Itung-itung sebagai arsip karena data di web lama yang down sudah tidak bisa diselamatkan.

Awalnya adalah sebuah keinginan mencari teman yang sama-sama memiliki hobi ngeblog di kota Padang. PALANTA, Begitu Kita Punya Nama. Sebuah komunitas yang mewadahi blogger di Kota Padang berhasil dibentuk pada tanggan 30 Desember 2007. Palanta bukanlah sembarang nama. Inilah nama yang dianggap terbaik dari 7 nominator nama lainnya yang diusulkan dan disetujui 15 teman blogger yang berkesempatan hadir dalam acara makan siang basamo di rumah makan Lubuak Idai, Jalan Khatib Sulaiman.

Palanta diusulkan karano palanta adalah tampek basobok, tampek bamusyawarah, tampek makan-makan, tampak bagalak-galak, tampek lalok juo bisa.

Palanta diusulkan karena palanta adalah tempat bertemu, tempat bermusyawarah, tempat makan-makan, tempat untuk bercanda, digunakan untuk tidur juga bisa.

15 Orang Pendiri Palanta (sumber foto : blog pak ephi)

PALANTA – Komunitas Blogger Padang, begitulah nama komunitas ini pada awalnya.

8 Juni 2008 menjadi awal pembuktian eksistensi Palanta dengan dilaksanakannya kegiatan Temu Blogger Padang, sebuah acara talkshow dengan tema “Ekspresikan Dirimu Melalui Blog” sukses menarik antusiasme pengunjung Padang Book Fair di Gedung Bagindo Aziz Chan.

Pendaftaran Temu Blogger Padang

Sumber foto : http://titoreds.wordpress.com

17 Agustus 2008, bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, Palanta mengadakan acara Hiking ke Pantai Air Manis Padang melalui jalur Gunung Padang yang diberi nama “PALANTA Hiking Merdeka”

Merayakan ulang tahunnya yang pertama, Palanta mengganti tagline Komunitas Blogger Padang menjadi Komunitas Blogger Sumatera Barat karena palantaers yang bergabung di Palanta tidak hanya berasal dari kota Padang, tapi juga dari kota lain seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Solok bahkan dari luar Sumatera Barat.

21 April 2009, 5 orang Palantaers Menculik Enda Nasution yang akan mengisi acara Sosialisasi & Workshop IT dari hotel untuk diajak kopdar :)

31 Mei 2009, disponsori oleh sebuah operator selular, Palanta mengadakan kegiatan bernama Bloggers’ Train Tours. Kali ini para Palantaers bakal diajak jalan-jalan menggunakan kereta api dari Kota Padang menuju Kota Pariaman.

Pada akhirnya, tentu ada masa surut sebagai bagian dari siklus kehidupan dan tentunya dampak dari keragaman. Tapi pada akhirnya, kami menyadari tidak harus berlama-lama berkubang dengan kesurutan itu, justru disaat yang lain tengah getol-getolnya mengembangkan sayap. Sempat vakum lebih setahun, pada tanggal 28 Agustus 2010 Palanta mendapat kepercayaan untuk menjadi panitia lokal Workshop Pesta Blogger 2010 di Padang. Acara ini menjadi sebuah momen penting pembuktian Palanta masih ada dan eksis. Acara workshop sukses dilaksanakan.

Blogshop menjadi titik start untuk meretas mau dikemanakan langkah komunitas. Hasilnya, sederet ingin dan mau yang merupakan bagian dari titik temu beragam pemikiran, memutuskan bahwa Palanta harus tetap eksis.

26 Maret 2011, Palanta dipercaya menjadi Partner dalam Seminar Online Media : Citizen Journalism and Entrepreneurship yang diadakan oleh detik.com

Saat ini kegiatan Palanta lebih banyak berkumpul dan saling sharing kegiatan yang bermanfaat. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah #KopdarBerdarah sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 4 bulan sekali. Yak, sekian sedikit flashback perjalanan Palanta dalam 4 tahun ini. Mungkin tidak terlalu lengkap. Faktor “U”. “U”dah agak lupa :lol:

Jayalah Blogger Palanta. Salam :).

Category: Informasi, Utama

About the Author (Author Profile)

Blogger yang menyukai traveling, tertarik terhadap citizen journalism, dan bekerja sebagai freelancer web developer yang merangkap mahasiswa.

Kunjungi blog saya di : http://udarian.com
Twitter : @udarian

Comments (11)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. superyon says:

    #pertamax

    Tidak ada foto aku… ah ga seruu… :P
    ^^

  2. superyon says:

    semoga semakin dewasa dan semakin sukses palanta….
    SUKSES

  3. uda.zami says:

    Mantap…sukses taruih :D

  4. Ferfau says:

    Terharu deh baca postingan ini… Jayalah terus Palanta!

  5. MdarulM says:

    Salam kenal Blogger Palanta :)

  6. Ikrimmah says:

    ooohhh.. lah ngarati kini.

    sukses buat palanta!!

  7. hermawanov says:

    wah…ada potoku masuk koran diatas :D

  8. Thx riaan,…. postingannya membangkitkan semangat untuk kembali aktif didunia maya ini,… salut buat kawan2 yang masih tetap eksis membawa Palanta sampai usia yang ke-4 ini,…..

  9. Yuhefizar says:

    wah..gak terasa sdh 4 thn umurnya palanta…., semoga semakin jaya… dan terus memberikan kontribusi positif utk sumbar…..

  10. semoga makin sukses dengan bertambahnya umur palanta

  11. Andi says:

    Kunjungan pertama di blog ini, salam sukses untuk PALANTA.ORG beserta seluruh komunitasnya.

Leave a Reply